Sebuah Pemikiran dan Peninjauan Terhadap Tujuan Tahunan

This is another article that i wrote in conjunction with the upcoming NTU ISCF AGM 2008 this 3rd May 2008.. Buat yang tertarik untuk membaca, silahkan membaca.. buat yang belum tahu gimana sistem di ISCF-NTU, ya secara simple sih kita punya pernyataan visi yang mendasari organisasi kita (lihat signifikansi visi mahasiswa). Dan untuk membantu mecapai itu, setiap tahunnya kita merumuskan satu tujuan tahunan sebagai fokus untuk mencapai visi itu. =)


~-----~


Sebuah Pemikiran dan Peninjauan Terhadap Tujuan Tahunan



Masih ingatkah teman-teman tentang tujuan tahunan kita tahun ini?

“Pelajar Kristen, yang berintegritas dan bersaksi dalam kehidupan sehari-hari”

Yup.

Itu adalah tujuan tahunan kita. Kita ingin belajar lebih lanjut dan menjadikan hidup kita sebagai seorang pelajar Kristen di NTU ini menjadi kesaksian yang hidup untuk orang-orang yang ada disekitar kita.

Pertanyaannya sudahkah kita menjalankan tujuan tahunan ini?

Ketua dan Sekretaris Jenderal terpilih adalah orang-orang yang dipercaya untuk menjalankan mandat dari AGM untuk mengejar visi lewat tujuan tahunan ini. Executive Committee (Exco) adalah tim yang dibentuk dengan mindset untuk menjaga keberlangsungan ISCF, menjadi penata pelayanan, dan menjadi orang-orang yang membantu mewujudkan visi ISCF lewat tujuan tahunan yang dimandatkan oleh AGM.

Tetapi tanggung jawab pengejaran visi dan tujuan tahunan, tidak jatuh hanya ditangan exco saja. Benar, bahwa arah pelayanan ini dipegang oleh exco, terutama ketua dan sekretaris jenderal, dan exco akan mempertanggung- jawabkan segala usaha yang sudah dilakukan selama satu tahun ini. Tetapi tujuan tahunan ini adalah tujuan tahunan yang kita rumuskan bersama, sebagai satu bentuk fokus yang ingin kita capai bersama. Visi ini juga adalah visi ISCF, visi kita bersama. Bukan pengurus (exco/subcomm) yang menjadi pengejar visi ini, bukan staff atau ASW, tetapi setiap dari kita, setiap dari inidividu yang tergabung di ISCF dan meyakini visi inilah yang harusnya mengejarnya.

Sudahkah kita berintegritas dan bersaksi dalam kehidupan sehari-hari?



Saya dan teman-teman exco akan membawakan pertanggungjawaban kami atas masa kepengurusan kami selama satu tahun ini, satu tahun yang penuh dengan berkat dan penyertaan Tuhan, dimana kami melihat betapa diberkatinya ISCF di NTU ini. Tetapi marilah sebelum datang ke AGM di tanggal 3 Mei 2008 nanti, masing-masing dari kita berpikir: “Sudahkah visi itu saya kejar? Sudahkah tujuan tahunan kita terwujud dalam diri saya dan ISCF? Sudahkah kita menjadi pelayan yang baik dari kasih karunia Allah?”

Apapun jawaban yang teman-teman temukan, berkat ataupun concern yang teman-teman miliki, inilah saatnya untuk kita meninjau kembali gerakan pelayanan mahasiswa yang sudah kita jalankan selama satu tahun ini. Saya mengundang teman-teman untuk datang dan bergabung dengan semua anggota ISCF yang lain untuk melihat, menilai dan meninjau kembali pelayanan ini. Saya mengajak saudara-saudara dalam Kristus untuk juga memikirkan setelah itu: “Apa yang selanjutnya harus kita kerjakan? Apa yang harusnya kita kerjakan tapi belum kita kerjakan? Apa yang Tuhan inginkan kita kerjakan?”

Di AGM nanti kita akan menentukan tujuan tahunan untuk satu tahun kedepan. Kita akan mencari apa yang Tuhan ingin kita kerjakan.

Tetapi sebentar.. Bukankah visi itu sendiri adalah apa yang harusnya kita kerjakan? Lalu apa signifikansi tujuan tahunan? Jangan-jangan tujuan tahunan malah menjadi hal yang menghalangi atau membuat kita lupa akan visi itu sendiri? Perlukah tujuan tahunan kita rumuskan?

Jawaban kami dari tim exco adalah perlu!

Tujuan tahunan tidak seharusnya menjadi hal yang menggantikan visi kita. Tujuan tahunan tidak boleh menggantikan visi kita. Sebaliknya, tujuan tahunan adalah pengidentifikasian kita terhadap apa yang seharusnya kita kerjakan selama satu tahun kedepan, untuk menjadi pedoman dalam kita mengejar visi ISCF untuk menjadi pemimpin yang serupa dengan Kristus!

Karena itulah kami menganggap tujuan tahunan masih diperlukan, supaya masing-masing dari kita mengerti, apa yang sebaiknya dan seharusnya kita kerjakan dan usahakan dalam mengejar visi itu.

Mari, saya mengajak kawan-kawan semua untuk bergabung dan berpikir bersama, tentang apa yang akan kita lakukan di dalam ISCF untuk satu tahun mendatang.



Soli Deo Gloria
~Kr!StO~

0 comments:

Forewords

There was a time when I lost my desire to write and to share. There was a time when I didn't see the point of doing a blog to express my thought. I am who I am though, inconsistent as I am in doing this blog, but I do want to share and I do long to write. Today I'm giving it another go. Fingers crossed. But I still wish that "Let there be light" is the message that I convey.
  • January 1st 2012, Kristo